Mahasiswa PEKON Mengikuti Program PERMATA 2018

Padang – FE UNP. PERMATA atau “Pertukaran Mahasiswa Tanah Air- Nusantara”, merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) bekerjasama dengan Kemeterian Riset dan Pendidikan Tinggi. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada para mahasiswa di seluruh tanah air untuk mengikuti perkuliahan yang relevan di perguruan tinggi lainnya di seluruh wilayah nusantara, dalam kegiatan akademik dalam bentuk pemerolehan angka kredit dan pengalihan kredit dan kegiatan non-akademik berupa kegiatan ekstra-kurikuler, termasuk kegiatan pemahaman lintas budaya sepanjang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

Pada program PERMATA 2018, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang mengirimkan sebanyak 5 orang mahasiswa yang merupakan bagian dari 45 orang mahasiswa se-UNP. Adapun kelima mahasiswa tersebut yaitu:

1.    Nurfitriana Kasman ke Universitas Negeri Gorontalo,
2.    Masniari ke Universitas Negeri Manado
3.    Shelly Indriastuty ke Universitas Negeri Medan
4.    Gilang Oritaliano Putra ke Universitas Negeri Jakarta, dan
5.    Hermai Nisa Putri ke Universitas Pendidikan Indonesia

Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi, Tri Kurniawati, S.Pd., M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam bentuk transfer kredit, yaitu mahasiswa kuliah 16 sks di LPTK lain. Jurusan Pendidikan Ekonomi saat ini menjadi anggota berbagai asosiasi,  seperti APE LPTK, aspropendo, aprodiksi dan apsibi yang telah melakukan penyetaraan kurikulum agar mendukung kelancaran program PERMATA.

Diharapkan dengan adanya kegiatan PERMATA ini mahasiswa dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, solidaritas, perekatkebangsaan antar mahasiswa se-Indonesia, melalui pembelajaranantar budaya, serta dapat mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan softskill mahasiswa. (OT)