SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN EKONOMI 2016

Pendidikan memegang peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.Hal tersebut tentunya tak lepas dari harapan dan tantangan yang dihadapi dalam dunia pendidikan.Perkembangan ilmu pengetahuan dan persaingan global dalam dunia pendidikan menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Siswa dan mahasiswa sebagai generasi muda memiliki potensi untuk senantiasa mengembangkan pemikiran dan sikap kritis, dinamis dan idealis. Generasi muda sebagai aset nasional perlu diberi peluang seluas-luasnya untuk mengaktualisasikan diri agar dapat berkembang menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, cerdas, berwawasan luas, terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mempunyai tanggung jawab keilmuan yang tinggi dalam pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara Indonesia

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikandiantaranya melalui seminar yang bersifat ilmiah sebagai sarana pengoptimalan kompetensi, intelegensi para pendidik, siswa, dan mahasiswa serta pendalaman kajian keilmuan akademik untuk meningkatkan moralitas kemanusiaan secara universal.

Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi 2016 merupakan kegiatan pertama yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNP yang pesertanya adalah guru SMA/MA sederajarat, mahasiswa, paktisi pendidikan,dosen dan umum. Adapun tema seminar nasional pendidikan ekonomi 2016 adalah ”Membangkitkan Semangat Generasi Muda Dan Pendidik Bangsa yang Berkarakter, Kompetitif dan Kritis Untuk Kemajuan Indonesia”.adapun harapan dari seminar ini adalah bisa memfasilitasi sikap kritis mahasiswa, guru dan masyarakat terhadap perkembangan dunia pendidikan,Meningkatkan kemampuan dan wawasan (life skill) bagi guru mata pelajaran ekonomi pada khususnya dan masyarakat pada umumnya mengenai pendidikan.Sebagai usaha meningkatkan profesionalisme seluruh civitas akademika pada umumnya dan bagi para guru khususnya,untuk mengetahui dan memahami peran penting pemerintah dalam pendidikan,dan bagaimana mennjalin kerjasama yang baik antara civitas akademika dengan pemerintah daerah dan pusat dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Seminar ini akan di adakan pada tanggal 5 november 2016 bertempat di Auditorium Prof. Kamaludin Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Acara ini akan dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai, acara akan dibagi dengan dua sesi, yaitu pagi dan siang. yang Inshaallah akan mendatangkan pemateri diantaranya:

1)    Ketua Komisi X DPR RI H.Teuku Riefky Harsya,M.T
2)    Komisaris Garuda Indonesia serta CEO Trans Crop H.Dony Oskaria,MBA
3)    Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Bapak Prof.Dr.H. Irwan Prayitno,S.Psi, M.Sc
4)    Gubernur Provinsi Jambi, Bapak Zumi Zola Zulkifli S.TP., M.A*
5)    Gubernur Provinsi Riau,bapak Ir.H.Arsyadjuliandi Rachman,MBA*
6)    Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Putri Hanni

Acara ini akan akan dihadiri oleh guru SMA/MA sedrajat, dosen, praktisi pendidikan, mahasiswa dan umum. Terget dari acara ini adalah 400 orang. Setiap peserta seminar akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat, snak, makan siang, sertifikat dan seminar kit.